Guruku Semoga Allah Merahmatimu

Kemarin, tanpa sengaja saya berjumpa dengan salah satu guru saya. Beberapa tahun lalu saya pernah belajar Tahsin dengan beliau. Bagi saya pelajaran ini sangat berkesan. Serasa menemukan oase di padang pasir. Saya yang memang kesana kemari ingin belajar, namun tak kunjung dapat. Entah gurunya, waktunya, kesempatannya. Sekarang dapat. 

Tak saya sia-sia kan kesempatan itu. Ikut beliau kurang lebih dua tahun. Sekali sepekan belajar bersama ibu ibu pensiunan terasa penuh semangat. Usia mereka memang sudah waktunya istirahat. Tetapi ketekunan menimba ilmu sungguh luar biasa. 
Bersama beliau saya belajar cara praktis baca Al Qur'an sesuai dengan kaidah. Metodek khas untuk ibu ibu pensiunan. Targetnya, bisa membaca AlQur'an dengan benar. Seperti Rasulullah membacanya. Tanpa harus bingung dengan teori ilmu tajwid. Karena sudah lanjut usia. Sesuai sekali  dengan saya. Saya langsung sakit kepala jika sudah berhadapan dengan teori panjang lebar ilmu tajwid. 
Di setiap pertemuan, guru saya  memberikan selembar catatan berisi teori ilmu tajwid dari praktek kami di hari itu. 

Satu tahun berlalu, salah seorang ibu teman satu kelas telah mampu membaca Al Qur'an dengan benar dan merdu. Saya tahu bagaimana berantakannya bacaan beliau saat awal kami belajar. 

Melihat progres beliau, saya semakin terpacu untuk belajar. Meski tersendat sendat dan banyak halangan, saya berusaha untuk tetap lanjut belajar. Hingga di titik saya memang benar benar tidak dapat hadir lagi, sama sekali. Saya berhenti. 

Namun, saya yakin di setiap huruf yang saya baca dari Al Qur'an, insyaallah mengalir juga pahala untuk beliau. Di setiap panjang harakat yang saya baca, saya tidak bisa melupakan jari jari beliau yang bergetar, ketika mengajari kami menghitungnya.
 
Semoga Allah merahmati beliau, menjaga beliau selalu dalam kebaikan dan taufiq dariNya. 

Pelajaran yang sudah beliau berikan kepada saya menjadi pondasi yang kuat dan sangat berharga, untuk saya melanjutkan pelajaran kepada guru guru berikutnya. 

Terkadang ada rasa miris yang timbul, ketika segelintir orang yang merendahkan, meremehkan beliau. Seolah ilmu yang beliau bagikan itu kesalahan. Bahwa beliau banyak kekurangan. Tidak sehebat ustadz ustadzah Fulan Fulanah. 

Hmm... Sejak lama saya ingin katakan ini. Kalian yang bicara begitu, mungkin hanya beberapa kali hadir di kelas beliau. Mungkin juga baru kenal dengan beliau. Atau mungkin memang sudah lebih mahir dari beliau. Yaa wajar kalau tidak cocok belajar dengan beliau. Silahkan cari guru lain tanpa menjatuhkan yang lainnya. 

Alhamdulillah, saya ini dari umum. Tidak sekolah agama. Tidak mengerti ilmu tajwid sama sekali. Saya sangat terbantu dengan pelajaran dari beliau. Setiap orang pasti punya kesalahan dan kekurangan. Termasuk juga kamu dan saya. 

Toh setiap guru pasti punya kekurangan dan kelebihan masing masing. Beda guru, beda bagian yang bisa digali lebih dalam. Intinya jangan sombonglah... Gitu aja. Karena kesombongan adalah musuh berbahaya. 

Ada beberapa guru lainnya yang juga berkesan buat saya. Seperti guru kelas  satu SD, saat saya belajar membaca. Beliau sabar menempel nempelkan kartu baca di papan tulis kelas. Di zaman itu hanya beberapa siswa yang sudah bisa baca sebelum SD. 

Ada guru Bahasa Inggris saat kelas satu SMK, belajar dengan beliau terlalu asyik, hingga tak terasa sudah berjam jam habis. Hingga akhir jam pelajaran saya tetap semangat menyelesaikan soal latihan. Beberapa tahun lalu saya bertemu beliau di rumah kakak saya.

"Yeyen!" Sapa beliau saat melihat saya. 
"Iya Bu," Saya tersenyum mekar. 
"Loh, kok Ibu ingat, ya?" Beliau bingung sendiri. "Oh dulu kamu nakal mungkin. Jadi Ibu ingat!" 😂🙃

Ada lagi guru Mengetik Cepat waktu kelas satu SMK. Beliau sudah sepuh. Di tahun itu terakhir mengajar sebelum pensiun. 
Kakak kelas mengingatkan saya.

 "Kalau belajar dengan beliau enak. Bisa terserah kita. Mau lihat atau tidak lihat mesin tik. Bebas aja (Karena guru lain akan sangat ketat mengawasi siswa). Tapi kalau kamu ingin pandai mengetik sepuluh jari. Jangan lihat (keyboard)." 

Alhamdulillah saya berhasil selesai kelas  mengetik tanpa melihat sama sekali. 

Semoga Allah membalas amal kebaikan guru guruku semuanya, Aamiin. 

Ummu Fat_han Yeyen
Solok, 12 Sya'ban 1444H
4 Maret 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku 61 Kisah Pengantar Tidur [IMRC 2015]

Untukmu... Suamiku

Drama Korea vs Hafalan Qur'an